MENGEMBANGKAN STRATEGI INSTRUKSIONAL/PEMBELAJARAN DAN MENGEMBANGKAN DAN MEMILIH BAHAN INSTRUKSIONAL/PEMBELAJARAN
Model pembelajaran merupakan suatu cara yang sistematis dalam mengidentifikasi, mengembangkan dan mengevaluasi seperangkat materi dan strategi yang diarahkan untuk mencapai tujuan.
Strategi Instruksional/Pembelajaran merupakan pendekatan yang dipakai untuk memilih sumber-sumber dan menentukan tugas/peran siswa dalam kegiatan belajar-mengajar, yaitu guru harus menentukan cara untuk mencapai tujuan instruksional dengan sebaik-baiknya.
- Tahap I : Ekspositori (15 menit)
- Tahap II : Demonstrasi (20 menit)
- Tahap III : Latihan Praktik (40 menit)
- Tahap IV : Diskusi dan review (15 menit)
Bahan/ materi pada dasarnya adalah isi dari kurikulum, yakni berupa pengalaman belajar dalam bentuk topik/subtopik dan rinciannya. Isi materi berbeda-beda menurut bidang studi, sekolah, tingkatan, dan kelasnya. Namun, isi materi harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menentukan materi/bahan ajar yang sesuai dengan tujuan instruksional khusus (indikator). Masalah yang banyak dihadapi guru adalah materi atau bahan ajar banyat tetapi waktu terbatas, kemudian terdapat kesulitan dalam mengorganisasikan materi/ bahan ajar yang akan disajikan kepada siswa, Dalam hal ini diperlukan ketepatan guru dalam memilih dan memilah sumber belajar, materi, media, dan prosedur pembelajaran yang akan digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Tafsir,dkk. Pengembangan Wawasan Profesi Guru, Fakultas Tarbiyah UIN Bandung, 2009
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Rosdakarya, Bandung: 2006
Ramayuli, Filsafat pendidikan Islam, Kalam Mulia,Jakarta : 2010
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Rosdakarya, Bandung : 2010
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta : 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar