MENULIS TUJUAN KINERJA/
KOMPETENSI DASAR (KD)
DAN MENGEMBANGKAN BUTIR
TES ACUAN PATOKAN
KOMPETENSI DASAR (KD)
DAN MENGEMBANGKAN BUTIR
TES ACUAN PATOKAN
Pengembangan kualitas guru merupakan suatu proses yang kompleks, dan melibatkan berbagai faktor yang saling terkait. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya tidak hanya menuntut keterampilan tekhnis dari para ahli terhadap pengembangan kompetensi guru, tetapi harus pula difahami berbagai faktor yang mempengaruhinya.
Guru dituntut untuk menjadi ahli penyebar informasi yang baik, karena tugas utamanya antara lain menyampaikan informasi kepada peserta didik. Guru juga berperan sebagai perencana (designer), pelaksana (implementer), dan penilai (evaluator) pembelajaran.
Tujuan pembelajaran merupakan suatu target yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran. Dalam tujuan pembelajaran merumuskan kemampuan yang harus dimiliki siswa pada tingkat jenjang belajar tertentu, sehingga setelah selesai pokok bahasan tertentu siswa dapat memiliki kemampuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Dalam merumuskan tujuan Instruksional haruslah jelas dan operasional tentang kemampuan atau kompetensi yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti suatu program pembelajaran. Kemampuan-kemampuan atau kompetensi tersebut harus dirumuskan secara spesifik dan terukur sehingga dapat diamati dan dievaluasi.
Contoh :
Standar Kompetensi (Akhlaq) : Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar (KD)
- Menjelaskan pengertian qona’ah dan Tasamuh
- Menampilkan perilaku Qona’ah dan Tasamuh
- Membiasakan perilaku Qona’ah dan Tasamuh dalam kehidupan
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan pengertian Qonaah.
- Siswa dapat menjelaskan pengertian Tasamuh
- Siswa dapat menjelaskan hikmah qonaah dan tasamuh
- Siswa dapat menyebutkan dalil naqli tentang tasamuh
- Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku atau sikap Qonaah.
- Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh.
- Siswa dapat membiasakan perilaku Qonaah dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa dapat membiasakan perilaku Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan alat evaluasi, yaitu tes yang fungsinya untuk menilai sejauh mana siswa menguasai kemampuan atau kompetensi yang telah dirumuskan dalam tujuan pembelajaran.
Dalam mengembangkan alat evaluasi ini diperlukan terlebih dahulu jenis-jenis tes dan bentuk-bentuk tes yang akan digunakan. Apakah jenis tes tertulis, lisan atau perbuatan. Kemudian bentuk tes yang digunakan apakah pilihan ganda (multipe choice), essai, BS atau menjodohkan.
- Jelaskan pengertian Qonaah !
- Jelaskan pengertian Tasamuh !
- Jelaskan hikmah Qonaah dan tasamuh !
- Sebutkan dalil naqli tentang Tasaamuh !
- Berikan contoh perilaku atau sikap qona’ah !
- Berikan contoh perilaku atau sikap Tasamuh!
- Biasakanlah perilaku qona’ah dalam kehidupan sehari-hari !
- Biasakan perilaku Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Tafsir,dkk. Pengembangan Wawasan Profesi Guru, Fakultas Tarbiyah UIN Bandung, 2009
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami, Rosdakarya, Bandung: 2006
Ramayuli, Filsafat pendidikan Islam, Kalam Mulia,Jakarta : 2010
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Rosdakarya, Bandung : 2010
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta : 2011
Casino Roll - $10 No Deposit Bonus at Casinocanada
BalasHapusThe casino will 게임 사 not give you $10 No Deposit Bonus, but 바카라잘하는법 it will reward you 바카라게임사이트 with a free cash irosresearch.com no deposit bonus that's added to 바카라 필승법 your account.